Menu

ASSESSMENT EKSTERNAL PENGADILAN AGAMA TARAKAN

Pengadilan Agama Tarakan selama tiga hari melaksanakan proses assessment eksternal oleh ketua tim Assesor yang telah ditunjuk oleh badan peradilan agama yaitu bapak Sofyansaleh Efriyono S.Pd.I., dan dua pendamping assessor yaitu bapak Mulia Rahman dan ibu Ratna Mayasari, A.Md.

Acara assessment yang dimulai pada hari pertama pada hari kamis 24 mei 2018 tersebut di awali dengan penyambutan tim assessor oleh ketua pengadilan agama tarakan dengan menampilkan yel-yel pengadilan agama tarakan sebagai bentuk semangat implementasi SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) di pengadilan agama tarakan.

Dalam kegiatan opening meeting saat itu ketua pengadilan agama tarakan ibu Yurita Heldayanti, S.Ag., M.H. sebagai top manajemen pengadilan agama tarakan menyampaikan selamat datang kepada tim dan para pendamping assessor eksternal di bumi paguntaka tarakan, yang mana dalam sambutannya juga beliau menyampaikan lika-liku perjalanan SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) dalam penerapannya di pengadialan agama tarakan.

Hari kedua dalam kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap implementasi SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) di pengadilan agama tarakan, ada beberapa metode yang dipakai tim assessor dalam memeriksa sistem tersebut diantaranya adalah pemeriksaan document-dokumen terkendali dan beberapa arsip dalam SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) tersebut disamping juga tim memeriksa langsung ke lapangan atau ke auiditte apaka benar penerapan sistem ini sudah efekti atau belum.

Pada hari ketiga yang mana merupakan penyampaian terhadap gambaran secara umum terhadap SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) di pengadilan agama tarakan bapak Sofyansaleh Efriyono S.Pd.I., mengatakan banyak terima kasih terhadap kerjasama dan keramahan selama proses asessment eksternal tersebut.

Dan juga menyampaikan sangat apresiatif terhadap impelementasi SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) di Pengadilan Agama Tarakan karena beliau menilai secara umum sudah cukup bagus dan harus dipertahankan dan yang lebih penting lagi harus konsisten dalam penerepannya.

Dalam closing meeting pada hari itu juga ketua SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) di pengadilan agama tarakan bapak H. Achmad Fausi, S.H.I. mengatakan banyak terima kasih atas assessment oleh tim assessor yang mana beliau mengatakan ujian berat dalam SAPM ini bukan pada persiapan dalam menerapkannya tapi lebih kepada impelentasinya kedepan yang merupakan ujian lebih berat semoga saja SAPM (Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu) di pengadilan agama tarakan bisa konsisten dan bahkan bisa lebih baik. (HB)

PENGADILAN AGAMA TARAKAN
JL. SEI SESAYAP NO. 1 KEL.KAMPUNG EMPAT
KEC. TARAKAN TIMUR KOTA TARAKAN
TELP : 0551-21003
FAX : 0551-2038585
EMAIL : [email protected]

Go to top