logo baru

ZI

Written by Admin on . Hits: 42

OBSERVASI IMPLEMENTASI APM PA TARAKAN OLEH TIM PTA KALIMANTAN TIMUR 

WhatsApp Image 2020 09 30 at 08.15.24

Pada hari Selasa, 29 September 2020, PA Tarakan kedatangan tamu-tamu penting. Tamu-tamu tersebut adalah tim Assessor Eksternal APM dari PTA Kaltim yang terdiri dari Drs. H. Abdullah, S.H., M.H., sebagai Lead Assessor, Aidillah, S.H. dan Muhammad Zaim Noor, Amd., masing-masing sebagai Asesor Pendamping. Dari pagi sampai siang, tim asesor tersebut melakukan pengamatan (observasi) dan penilaian (assessment) terhadap implementasi akreditasi penjaminan mutu (APM) di PA Tarakan, dari mulai pos satpam, tempat parkir, juga ruangan-ruangan di gedung kantor PA Tarakan, sarana dan prasarana, sampai pada eviden yang berupa dokumen tertulis. Assessment Eksternal kali ini adalah yang ke-2, yang bertujuan untuk menilai efektifitas implementasi sistem mutu yang telah berjalan di PA Tarakan.

Selanjutnya, hasil observasi disampaikan langsung di Aula PA Tarakan oleh Lead Assessor di hadapan seluruh warga PA Tarakan. Sercara serius namun tetap santai, beliau menyampaikan bahwa secara umum implementasi APM di PA Tarakan telah berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa PA Tarakan mampu mempertahankan predikat A (Excellent) yang telah diraih pada tahun 2018 yang lalu. Namun demikian, ada beberapa hal yang beliau catat sebagai permintaan perbaikan. Di antaranya adalah kurangnya dokumen CPAR (Corrective, Preventive, Action and Request) yang terdokumentasi dengan baik. Karena CPAR termasuk sebagai sistem saling mengingatkan, sehingga tidak hanya disampaikan secara lisan dalam briefing rutin, namun juga harus ditulis dan dicatat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi implementasi APM yang dibawakan oleh KPA Tarakan, Ibu Hj. Yurita Heldayanti, S.Ag., M.H. Dalam presentasi tersebut, KPA memaparkan tentang area-area APM, keadaan sebelum dan sesudah APM, dan inovasi-inovasi yang telah diterapkan. Tim Assessor merespon baik terhadap presentasi tersebut, dan Bapak Drs. H. Abdullah, S.H., M.H. memberikan arahan dan tips untuk presentasi lebih efektif dan efisien. 

WhatsApp Image 2020 09 30 at 08.15.18 1

WhatsApp Image 2020 09 30 at 08.15.28

WhatsApp Image 2020 09 30 at 08.15.18

WhatsApp Image 2020 09 30 at 08.15.22

Selanjutnya sebagai penutup, Lead Assessor yang juga merupakan Wakil Ketua PTA Kaltim memberikan kesimpulan dan motivasi kepada seluruh warga PA Tarakan untuk selalu bersemangat dalam melanjutkan dan mengembangkan implementasi APM yang sudah A (Excellent) ini. Beliau juga mengingatkan untuk tidak bosan mendokumentasikan segala kegiatan sekecil apapun, sebab selama kegiatan tersebut baik, tentunya akan menjadi catatan baik bagi Tarakan. Dan catatan itu akan menunjukkan peningkatan-peningkatan yang selama ini terjadi di PA Tarakan. [HDA]

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]