logo baru

ZI

Written by Admin on . Hits: 41

WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA TARAKAN MENJADI SALAH SATU NARASUMBER RAKER LINTAS SEKTORAL CEGAH KAWIN ANAK

WhatsApp Image 2020 09 25 at 09.42.53

Pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020, Kementerian Agama Kota Tarakan menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Rapat Kerja Lintas Sektoral Cegah Kawin Anak”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi angka perkawinan usia dini dan memberikan informasi kepada masyarakat batas usia perkawinan.

Kegiatan Rapat Lintas Sektoral Cegah Kawin Anak tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kota Tarakan H. M. Shaberah, S.Ag., M.M. yang diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Penyuluh Agama Kantor Urusan Agama, perwakilan dari kecamatan, ketua-ketua RT, dan staf kelurahan.

WhatsApp Image 2020 09 25 at 09.42.53 1

Dalam kegiatan tersebut, Kementerian Agama sebagai penyelenggara dan salah satu narasumber menggandeng pula Pengadilan Agama yang diwakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Tarakan dan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Dan Anak  (P2TP2A).

Kepala Kementerian Agama Kota  Tarakan memaparkan adanya perubahan Undang-Undang Perkawinan perihal batas usia perkawinan ditinjau dari aspek agama, sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Agama Tarakan dalam kesempatan tersebut mensosialisasikan keberadaan Perma Nomor  5 Tahun 2019 sebagai respon Mahkamah Agung RI untuk pelaksanaan pemeriksaan dispensasi nikah di Pengadilan Agama. Adapun perwakilan dari Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Dan Anak  (P2TP2A) menyoroti resiko perkawinan usia muda ditinjau dari aspek psikologi dan kesehatan dan dampaknya pada kesejahteraan hidup masyarakat.

Para peserta antusias mengikuti kegiatan, dan dalam sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber, peserta banyak mempertanyakan prosedur dari dispensasi nikah dan solusinya apabila permohonan di Pengadilan Agama ditolak serta kurangnya sosialisasi tentang adanya perubahan Undang-Undang Nomor 16  tahun 2019 tentang Perkawinan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]