logo baru

Written by Admin on . Hits: 102

WEBINAR KIAT MENULIS BERKUALITAS

WhatsApp Image 2020 06 26 at 18.07.55

Hari ini, Jum'at, 26 Juni 2020, di Aula Pengadilan Agama (PA) Tarakan, dua orang warga PA Tarakan mengikuti webinar (seminar online) yang diadakan oleh Ditjen Badilag dengan tema "Kiat Menulis Berkualitas". Dua orang tersebut adalah Hudan Dardiri Asfaq, S.H.I. selaku hakim angkatan VIII dan Hasan Basri, S.H.I. selaku pegawai. Tidak tanggung-tanggung, webinar yang dimulai sejak pukul 16.00 WITE tersebut diisi oleh tim redaktur Majalah Peradilan Agama. 

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag menyampaikan bahwa hakim Pengadilan Agama harus cerdas dan memiliki ilmu manajemen yg mumpuni dan selalu berfikir inovatif. Beliau mencontohkan bahwa Badilag selalu menjadi pioneer. Di antaranya untuk Fit & Proper Test, Badilag adalah lembaga pertama di Indonesia yang melaksanakannya secara online. Untuk itu, para hakim dan pegawai harus mendukung inovasi-inovasi. Ukurannya adalah One day minute dan One day publish dalam penanganan perkara. Hakim dan pegawai lingkungan Peradilan Agama tidak boleh tertinggal dari hakim dan pegawai lingkungan peradilan yang lain.

web minar2

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Badilag sekaligus Penanggung Jawab Majalah Peradilan Agama, Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. Beliau menyampaikan lecutan-lecutan semangat untuk peserta webinar. Yaitu bahwa saat ini tim redaktur Majalah Peradilan Agama sedang mencari "pelapis" atau kader yang siap melanjutkan perjuangan mereka. Menjadi redaktur Majalah Peradilan Agama banyak untungnya. Paling tidak semua tim redaktur pernah ke luar negeri. Karena itu, untuk mengetahui sejauh mana kesungguhan para peserta, ada beberapa tugas bagi para peserta webinar, di antaranya adalah menulis tentang:

1. Capaian Badilag selama kepemimpinan Dirjen saat ini, yaitu Bapak Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. (berhadiah!)

2. Peradilan modern berbasis ecourt

3. Kiat implementasi 11 aplikasi badilag

4. Berita hari ini

5. Resensi buku

WhatsApp Image 2020 06 26 at 20.48.39

Banyak sekali ilmu yang disampaikan oleh para narasumber seminar, yang di antaranya terangkum dalam kalimat-kalimat bijak di bawah ini:

- Jika kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah! (Imam al-Ghazali)

- Kalau punya gagasan, bergeraklah! Urusan dana pikir belakangan. (Achmad Cholil)

- Untuk membangun lingkungan majalah Peradilan Agama, perlu 4 hal: Ide, sumber daya, tim yang solid, dan fokus pada tujuan. (Rahmat Arijaya)

- Ada tiga langkah yang harus dijalani seseorang untuk menjadi penulis: 1. Mulai menulis; 2. Mulai menulis; 3. Mulai menulis. Jangan banyak berpikir atau mengeluh! Mulailah menulis. Tulislah apa saja. (Ade Firman Fathoni)

- Penulis harus gigih dan tekun, serta bernyali tinggi. Temukan ide, tetapkan angle, kumpulkan bahan, buatlah outline, buat judul yang eye-catching, selesaikan tulisanmu, dan jangan lupa proses editing. (Achmad Fauzi) 

web minar3

2020 06 26 2

Selain itu di sela-sela diskusi, Bapak Arief Hidayat menyampaikan bahwa syarat menjadi redaktur Majalah Peradilan Agama adalah tidak boleh profit oriented (mata duitan). Majalah Peradilan Agama bukan tempat cari uang. Bukan pula jembatan berkarir. Lalu kenapa redaktur Majalah Peradilan Agama rata-rata menjadi orang sukses? Tentu saja karena kualitasnya. Karena itu tunjukkanlah kualitas. Nanti para peserta akan dibagi kelompok sesuai dengan minatnya. Dan jangan sekali-kali plagiat. Selain itu, Majalah Peradilan Agama saat ini sedang mempersiapkan rubrik khusus perempuan. 

Sebagai penutup, Ade Firman Fathoni menyampaikan bahwa tugas dikumpulkan maksimal hari Senin, tanggal 29 Juni 2020. Semoga para peserta webinar dapat mengikuti rangkaian acara berikutnya sampai selesai dengan baik, khususnya dari PA Tarakan. Sehingga kualitas hakim dan pegawai semakin meningkat, dan pada akhirnya akan semakin bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, negara, dan tentunya peradilan agama. [HDA]   

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]