logo baru

Written by Admin on . Hits: 37

isran aplikasi pengadilan tinggi agama

Gubernur Kaltim H Isran Noor (tengah) menekan tombol peresmian launching 3 aplikasi inovasi dan menandatangani Kesepakatan Bersama dengan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (15/11/2019).

 

SAMARINDA – Tidak seperti biasanya, kehadiran Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim Selasa (12/11/2019), cukup mengharukan sejumlah hadirin.

Pasalnya Gubernur sebelumnya berada di Jakarta dalam urusan tugas pemerintahan, namun menyempatkan waktu kembali ke Samarinda untuk menghadiri peluncuran tiga aplikasi Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kaltim dan menandatangani Kesepakatan Bersama.

Kemudian sore harinya kembali lagi ke Jakarta untuk melanjutkan tugas hadir pada acara Rapat Koordinasi Nasional antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, hari ini.

Jajaran PTA dan undangan yang hadir memberi apresiasi yang tinggi pada komitmen Gubernur Isran Noor yang hadir ketika itu untuk mendukung kelancaran acara dan kesepakatan yang telah dibuat.

Untuk diketahui, PTA dan Pemprov Kaltim membuat Kesepakatan Bersama tentang Dukungan Pelaksanaan Tugas Peradilan Agama dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Validasi Data Perceraian Bagi Data Kependudukan.

"Kita harapkan melalui program ini, pelayanan di Kantor PTA semakin baik kepada masyarakat. Meski pun tak ada yang sempurna," kata Isran Noor ketika melaunching tiga aplikasi PTA dan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PTA dan Kakanwil Kemenag Kaltim, Kakanwil Kemenkum HAM Kaltim dan RRI di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Selasa (12/11/2019).

Gubernur Isran juga mengaku bangga dan bersyukur karena pelaksanaan program aplikasi tersebut baru PTA Kaltim yang melaksanakan di Indonesia.

Adapun aplikasi yang diluncurkan, yaitu pertama Validasi Akta Cerai (VAC) yang dicetak melalui aplikasi SIPP, sehingga dapat diketahui keaslian data.

Kedua, sajian data petikan salinan putusan (Sipesut). Aplikasi ini untuk meringkas sajian data petikan salinan putusan perceraian pengadilan agama guna pembaruan status perkawinan.

Ketiga, Moresipp. Aplikasi ini digunakan secara internal bagi PTA Kaltim untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja SIPP seluruh pengadilan Agama se-Kaltim dengan mudah dan cepat.

"Mudah-mudahan ini jadi model percontohan di Indonesia," harap Isran.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI H Aco Nur mengaku senang dan bangga karena Pemprov Kaltim telah membantu pelaksanaan program ini. Diharapkan program pelayanan di PTA terus didukung Pemprov Kaltim.

Launching dilakukan Gubernur Isran Noor bersama Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI H Aco Nur dan Wakil Ketua PTA Kaltim HM Manshur.

Hadir Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Sutoyo, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Sofyan Noor dan Perwakilan Kanwil Hukum dan HAM Kaltim serta Kepala LPP RRI Samarinda Khalidiraya.(jay/ri/sul/adv)

{SUMBER : https://kaltim.tribunnews.com/2019/11/12/pertama-di-indonesia-isran-noor-bangga-pengadilan-tinggi-agama-kaltim-launching-tiga-aplikasi-ini }

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]