logo baru

Written by Admin on . Hits: 172

pa.tarakan.co.id. Bertempat di ruang sidang utama yang telah disetting untuk acara teleconference antara Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur dengan Pengadilan Agama Tarakan alhamdulillah terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Teleconference dalam rangka pembinaan yang telah disusun oleh PTA Kaltim dengan pengadilan tingkat pertama yang ada di bawahnya dimulai sejak hari Senin, 30 September 2019, dan untuk PA Tarakan terjadwal di hari Rabu, 2 Oktober 2019, pukul 10.30 s.d 12.00 WITA.

tele 1

Ketua PTA Kaltim dalam kata sambutan sekaligus pembinaannya, mengingatkan kepada para hakim dan seluruh pegawai khususnya di PA Tarakan, beberapa hal, di antaranya adalah: (a). Dalam berita acara sidang agar diperhatikan pernyataan sidang terbuka dan tertutup untuk umum, dalam perkara perceraian sebagai perkara lex specialis dalam pemeriksaan pokok perkara sidang dinyatakan tertutup untuk umum, sebagaimana diatur dalam Pasal 68 ayat (2) dan Pasal 80 ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 jo. Pasal 146 ayat (1) Kompilasi Hukum Islam di Indonesia, sedangkan untuk perkara selainnya sidang harus dinyatakan terbuka untuk umum, (b). Dalam kasus perkara perceraian, usaha mendamaikan para pihak harus dilakukan setiap kali persidangan sebagaimana diatur dalam Pasal 82 ayat (4) jo. Pasal 143 ayat (2) Kompilasi Hukum Islam di Indonesia, namun dalam perkara lainnya, usaha mendamaikan cukup pada sidang pertama saja, itu pun jika para pihak hadir. (c). Kebijakan PTA Kaltim tentang keberpihakan gender dan kepentingan anak korban perceraian, dimana majelis hakim secara ex-officio dapat menetapkan nafkah anak kepada ayahnya apabila secara nyata anak tersebut berada dalam asuhan ibunya, sesuai dengan SEMA Nomor 4 Tahun 2016.

Sementara itu, Wakil Ketua PTA Kaltim dalam pembinaannya menyampaikan beberapa hal, di antaranya, (1). Tentang Zona Integritas khususnya Area 5 dan 6, yaitu penguatan dalam Pengawasan, yang tujuannya untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, dan Area 6, yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik dengan meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan kepada masyarakat. (2). Layanan unggulan PTA Kaltim yaitu 1. Petikan amar putusan yang dikirimkan kepada Kantor Urusan Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, dan 2. Aplikasi Validasi Akta Cerai. (3). Harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era peradilan yang modern setelah keluarnya PERMA Nomor 1 Tahun 2019. (4). Harus selalu menjaga integritas seluruh pegawai dengan memedomani Kode Etik Hakim termasuk di dalamnya juga untuk seluruh pegawai di bawah Mahkamah Agung.

tele 2

Dalam kesempatan yang sama, Panitera dan Sekretaris PTA Kaltim menyampaikan tentang, (1). PNBP banding yang harus dipungut oleh pengadilan tingkat pertama ada 14 poin. (2). Akta Penyerahan Banding harus dipungut biayanya dan tercatat dalam buku jurnal. (3). Tentang eksekusi yang belum dilaksanakan. (4). Tanah kantor PA Tarakan yang belum ada sertifikatnya. (5). Pelaksanaan DIPA 04. (6). Harus dipersiapkan pojok e-court dan Kasir Bank serta Anjungan Gugatan Mandiri.

Dalam sesi tanya jawab, Wakil PA Tarakan menanyakan tentang progress renovasi lapangan tennis indoor PTA Kaltim, dalam tanggapannya, Wakil PTA menyampaikan semoga kontrak kerja dengan kontraktor selama 90 hari kerja bisa selesai sesuai jadwal, dan semoga biaya yang sudah terkumpul baik dari infaq yang disumbangkan oleh seluruh pegawai se wilayah PTA Kaltim dan Kaltara, dan ada dari Pemerintah Daerah Provinsi Kaltim dapat mencukupi.

tele 3

Dalam kata penutupnya, Ketua PTA Kaltim mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada pimpinan dan seluruh pegawai PA Tarakan yang telah mempersiapkan dengan matang untuk acara teleconference tersebut serta ada nilai estetika yang didapat karena terlihat sangat kompak. Semoga ke depannya Pengadilan Agama Tarakan selalu konsisten dalam menjalankan tupoksi, menjaga martabat dan kode etik serta lebih maju dalam kebersamaan yang kompak. Aamiin.(M.Rd.)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]