logo baru

Written by Admin on . Hits: 30

SENGKETA WARIS DI PA TARAKAN BERHASIL DIDAMAIKAN

Melalui proses mediasi yang begitu alot, akhirnya pada pertemuan yang ke empat, tepatnya pada hari Senin, tanggal 5 Agustus 2019 M., bertepatan dengan tanggal 4 Dzulhijjah 1440 H., di ruang mediasi Pengadilan Agama Tarakan, Hakim Mediator PA. Tarakan, Muhammad Ridho, S.Ag., berhasil mendamaikan para pihak dalam sengketa gugatan malwaris.

Sengketa tersebut terjadi karena harta warisan berupa tanah seluas 264 m2 dari almarhum Alis bin Adar dan Jahara binti Wakuru, tidak segera dibagikan kepada ahli warisnya yang berhak menerimanya sesaat setelah pewaris meninggal, sehingga dengan berlalunya waktu dan beberapa dari anak pewaris meninggal dunia, serta objek sengketa yang harganya semakin tinggi, terjadilah perebutan harta yang berujung dengan diajukannya gugatan waris ke PA. Tarakan dalam register nomor 311/Pdt.G/2019/PA.Trk.

Dengan berpedoman pada Pasal 154 R.Bg. dan PERMA Nomor 1 Tahun 2016, serta berbekal surat Penunjukan Hakim Madiator dari Ketua Majelis Hakim, mediator menjalankan fungsinya, diawali dengan mempersiapkan jadwal pertemuan, mendorong para pihak untuk aktif dalam proses mediasi, meneliti dan menggali kedudukan para pihak, karena bisa saja ada pihak yang belum didudukkan sebagai ahli waris atau sebaliknya.

Akhirnya, atas kuasa dan izin Allah SWT. penyelesaian terbaik dengan jalan damai bisa diraih, para pihak yang didampingi oleh kuasa hukumnya masing-masing sepakat untuk duduk bersama dan siap menandatangani Kesepakatan Perdamaian yang telah disusun dan dibuat oleh Hakim Mediator, dengan mengacu kepada Surat Keputusan Mahkamah Agung RI Nomor : 108/KMA/SK/VI/2016, Tentang Tata Kelola Mediasi di Pengadilan. (MRd)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama[email protected]