logo baru

Written by Admin on . Hits: 79

SOSIALISASI PELAYANAN TERPADU PENCATATAN DAN PENGESAHAN PERKAWINAN DI KABUPATEN MALINAU

OLEH WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA TARAKAN

Bertempat di lantai 3 Ruang Serbaguna area perkantoran Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tarakan Bapak Muhammad Ridho, menyampaikan materi tentang Sosialisasi Pelayanan Terpadu Pencatatan dan Pengesahan Perkawinan kepada Pemuka Agama Se Kabupaten Malinau.

Sebelum pelaksanaan kegiatan yang telah diagendakan pada hari Kamis, tanggal 4 Juli 2019 tersebut, terlebih dahulu dibuka oleh Bupati Kabupaten Maliau, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Bapak Ernes Silvanus, yang dalam kata sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua undangan yang telah hadir dan datang ke Kabupaten Malinau dan semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat yang besar untuk masyarakat di Kabupaten Malinau.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Samuel Parangan, dalam kata sambutannya, memaparkan tentang agenda Dinas Dukcapil Prov. Kaltara, yang salah satunya adalah kegiatan sosialisasi ini, yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Tarakan dan Kabupaten Nunukan, tujuannya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memiliki identitas dan data diri. Di samping itu juga, memaparkan tentang inovasi dari Dinas Dukcapil Prov. Kaltara yang disebut dengan Program “SIPELANDUK” singkatan dari Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk Wilayah Perbatasan, salah satu inovasi yang masuk ke dalam Top 99 Inovasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Sedangkan dari Kementrian Dalam Negeri, dihadiri oleh Ibu Shanti, Kepala Subdit Fasilitasi Pencatatan Perkawinan dan Perceraian Dit. Pencatatan Sipil, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dalam pemaparannya mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006, tentang Administrasi Kependudukan, dan memaparkan tentang Pelayanan Adminsitrasi Kependudukan secara Daring sesuai dengan Permendagri Nomor 7 Tahun 2019, yang tujuan dibuatkan regulasi tersebut adalah untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, dan dapat melayani masyarakat lebih mudah dan cepat.

Dalam kesempatan sebagai narasumber, WKPA. Tarakan, menerangkan tentang struktur peradilan yang ada di bawah Mahkamah Agung dan kewenangan Peradilan Agama yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Dan dalam materi yang berkaitan, memaparkan tentang Perma No. 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran. Karena masih banyak warga negara yang masih belum memiliki Buku Nikah karena pernikahannya tidak tercatat di KUA setempat, sehingga untuk dapat memiliki buku nikah yang dikeluarkan oleh KUA, maka pernikahannya tersebut harus disahkan dulu oleh pengadilan/ itsbat nikah, dan dinas dukcapil terkait bisa mengeluarkan akta kelahiran untuk anak-anaknya.

Untuk mempermudah, menyingkat waktu, dan menekan biaya tinggi, yang berkaitan dengan masalah tersebut, Mahkamah Agung bersama dengan Kementrian Agama dan Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil, membuat satu kegiatan yang disebut dengan Pelayan Terpadu Sidang Keliling. Sehingga masyarakat yang belum memiliki buku nikah dan anak-anaknya belum mempunyai akta kelahiran dapat dilayani dalam satu waktu dan dalam satu hari semua dapat diperoleh, pernikahannya dapat disahkan oleh pengadilan agama, buku nikahnya dapat dikeluarkan oleh KUA, dan akta kelahiran anak-anaknya pun dapat diterbitkan oleh dinas dukcapil.

Dalam kegiatan tersebut animo masyarakat sangat tinggi, banyak pertanyaan yang dilontarkan, dan masyarakat khususnya muslim di Kabupaten Malinau berharap semoga Pengadilan Agama Malinau dapat hadir dan berada di tengah-tengah mereka, karena lembaga yudikatif yang ada hanya Pengadilan Negeri Malinau.(MRd)

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]