logo baru

Written by Admin on . Hits: 67

FASYA IAIN Samarinda Jalin MoU dengan 9 Pengadilan Agama di Kaltim

SAMARINDA, IAIN NEWS,– Fakultas Syariah (Fasya) pada Institut Agama Islam Negeri Samarinda menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) terkait Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Senin (28/1/2019). Hal ini penting dilakukan mengingat Fakultas Syariah merupakan lembaga yang mencetak alumni berkonsentrasi hukum.

Penandatanganan Memorandum of Understanding antara Fasya dengan PTA dan 9 PA dilakukan di Kantor Pengadilan Tinggi Agama Jln. MT. Haryono No.24, Air Putih Samarinda.

Rektor IAIN Samarinda Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd didampingi Dekan Fakultas Syariah Dr. Hj. Darmawati, M.Hum mengatakan saat ini IAIN Samarinda tengah berusaha agar dapat bertransformasi menjadi UIN. Untuk itu perlu dukungan semua pihak termasuk PTA.

Ia menyampaikan Lembaga Peradilan Agama dan Fakultas Syariah merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Karena mayoritas para Hakim, Panitera dan juru sita adalah alumni dari Fakultas Syariah yang tersebar di PTKIN.

“Terima kasih atas kesediaan Ketua PTA Kaltim karena sudah memfasilitasi MoU ini. Terima kasih pula kepada para Ketua Pengadilan Agama di Kaltim yang telah mempercayakan kepada Fasya IAIN Samarinda melalui LBH IAIN Samarinda dalam penanganan bantuan hukum bagi masyarakat pencari keadilan,” ungkap Rektor.

Rektor menambahkan Insya Allah lembaga yang dipimpinnya akan selalu komitmen dalam menjaga amanah dan berusaha untuk tetap istiqomah menjaga kredibilitas lembaga peradilan agama maupun almamater.

Ketua PTA Kaltim, Dr. H. A. Choiri, SH, MH, menyampaikan semoga keinginan IAIN Samarinda yang ingin bertransformasi menjadi UIN dapat tercapai.

Dr. H. A. Choiri, SH, MH berujar bahwa penting bagi LBH Fasya untuk membuka ruang mediator yang bersertifikat.

“Karena dari perkara yang masuk di Pengadilan Agama itu 90 persen merupakan perkara perceraian dan 70 persen dari perkara tersebut diputuskan secara verstek atau karena tidak hadirnya tergugat di persidangan. Dengan adanya mediator nanti maka pelaksanaan proses persidangan dapat berjalan efektif dan efisien,” ungkapnya.

Diketahui sembilan Pengadilan Agama yang melakukan penandatanganan MoU bersama Fakultas Syariah antaranya PA Samarinda, PA, Balikpapan, PA Bontang, PA Tenggarong, PA Berau, PA Tarakan, PA Grogot, PA Penajam & PA Sendawar.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tarakan

Jl. Sei Sesayap, No. 01

Telp: 0551-21003 
Fax: 0551-2038585

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan [email protected]